seputarperkim – Simpang Jam merupakan simpang yang menghubungkan lokasi strategis di Kota Batam antara lain Sekupang – Batam Centre – Lubuk Baja – Simpang Kabil. Simpang jam  salah satu access terpadat bagi pengguna jalan raya.
 Pembangunan infrastruktur jalan di kota Batam saat ini sedang di tingkatkan oleh Pemerintah, baik itu dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Salah satu lokasi yang sedang dilaksanakan peningkatan jalan adalah lokasi Simpang Jam, yaitu merupakan jalan dengan lalu lintas terpadat karena menghubungkan beberapa lokasi strategis di kota Batam. Saat ini sedang berlangsung pembangunan fly over sebagai salah satu usaha Pemerintah untuk mengurangi kemacetan. Untuk mendukung pembangunan fly over di Simpang Jam tersebut perlu dilakukan penataan taman agar selain fungsi jalan juga didapatkan fungsi lain bagi masyarakat pengguna jalan seperti antara lain, dengan adanya RTH atau taman di lokasi tersebut sesuai fungsinya secara ekologis, sosial ekonomi dan evakuasi dapat terpenuhi. Para pakar mengatakan fungsi ekologis RTH diantaranya dapat meningkatkan kualitas air tanah, mencegah banjir, mengurangi polusi udara dan pengatur iklim mikro.
 Diharapkan dengan sayembara ini didapatkan ide-ide desain penataan taman yang memenuhi kriteria secara fungsi nya, kreatif dan indah .Dari lokasi fly over tersebut terdapat 4 (empat) zona yang akan di lakukan penataan, hasil dari penataan taman ini diharapkan Simpang Jam yang sejak dulu menjadi ikon Kota Batam menjadi ikon yang bersejarah dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *