seputarperkim.com – Herman Rozie, S. STP., M.Si Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (PERAKIMTAN) Batam mengatakan bahwa Walikota Batam Bapak H. M. Rudi, SE, MM dan Wakil Walikota Batam Bapak Amsakar Achmad, S. Sos, M.Si berusaha untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Kota Batam. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mempercantik Kota Batam, dan tentunya tidak terlepas dari penataan Taman Kota. “ Walikota Batam merencanakan Batam nantinya menjadi 1 (satu) juta Ketapang Kecana ”  kata Herman.
Ketapang kencana ditanam dibahu-bahu jalan dan di median jalan baru yang sudah selesai dibangun, sehingga Batam punya ciri khas, khususnya tanaman pelindung disepanjang jalan. Ketapang kencana yang nama latinnya Terminalia mentaly ini merupakan sejenis tumbuhan peneduh berwujud pohon. Selain itu ketapang kencana juga merupakan tumbuhan Endemik Madagaskar, namun sekarang diintroduksi keberbagai daerah Tropis, yang berkembang biak dengan cara Generatif/Biji. dari segi ketinggian Ketapang Kencana tingginya minimal 1,5 meter dan memiliki ciri khas tersendiri, tajuknya yang mendatar, berlapis serta tidak mengenal musim bisa tetap berdaun sepanjang tahun. 
  
Sa’at ini stock yang masih tersedia sebanyak 2000 batang, dan Bidang Pertamanan Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (PERAKIMTAN) Batam sedang menanam pohon ketapang kencana di Sekitar Nagoya dan Batam Centre, tepatnya mulai dari Simpang Apartemen Harmoni kearah Simpang Icon Lubuk Baja, dari icon Lubuk Baja kearah Pelita. Dan untuk daerah Batam centre dimulai dari ruas jalan Simpang Bundaran Tuah Madani ke arah Simpang BNI sungai Panas. Penanaman akan terus dilanjutkan dibahu dan median jalan lainya secara bertahap. Herman juga berharap dan menghimbau masyarakat terutama yang memiliki ruko dan bangunan dipinggir jalan, agar bisa berpartisipasi dan membantu untuk menanam pohon tersebut. Kabid. Pertamanan Irwan Saputra SP, M. Eng . menambahkan penanaman Ketapang Kencana juga sudah di tanam di Median Jalan depan Melia Panorama sampai BCA Jodoh dan dari BCA kearah Nan Tongga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.